25 Juli 2011

THE LAST STATION

Sumber : Elia Stories Care
Cast:
Helen Mirren ... Sofya Tolstoy.
Christopher Plummer ... Leo Tolstoy.
Paul Giamatti ... Vladimir Chertkov.
James McAvoy ... Valentin Bulgakov.
Kerry Condon ... Masha.
Anne-Marie Duff ... Sasha Tolstoy.

Director: Michael Hoffman
Writers: Michael Hoffman (screenplay), Jay Parini (novel)
Music : Sergei Yevtushenko
Cinematography : Sebastian Edschmid

MOVIE REVIEW:

Film THE LAST STATION berkisah tentang masa-masa akhir hidup filsuf Rusia, sekitar tahun 1910-an. Rusia memang menarik, paling tidak dari sana kita mengenal dua nama yang amat terkenal: Karl Marx (1818 – 1883), pendiri faham komunisme yang berazaskan atheisme. Dan satu lagi tokoh religius, bernama Leo Tolstoy (1828 – 1910). Count Lev Nikolayevich Tolstoy (Leo Tolstoy) adalah penulis dan seorang filsuf. Ia bermula sebagai penulis novel romance fiksi yang terkenal misalnya Anna Karenina, dan War and Peace. Karya-karya Tolstoy kemudian berevolusi menjadi karya tulis filosofi yang amat terkenal. Sebagai seorang filsuf moral religius Kristen, tulisan-tulisan Tolstoy telah menginspirasi dua tokoh reformator dunia: Mahatma Gandhi dan Martin Luther King Jr. Tulisan Leo Tolstoy menginspirasi kedua tokoh dunia ini karena gagasan-gagasannya yang cinta damai, yaitu tentang perlawanan tanpa kekerasan melalui karyanya The Kingdom of God is Within You.

Keluhuran budinya, keindahan tulisannya, pesan-pesan moralnya membuat Leo Tolstoy (Christopher Plummer), sering dianggap sebagai seorang santa (orang suci), bahkan ada yang secara fanatik menganggapnya sebagai inkarnasi dari Kristus sendiri. Dalam film THE LAST STATION, yang diangkat dari sebuah novel karya Jay Parini, sosok Leo Tolstoy digambarkan sebagai tokoh yang luarbiasa sekaligus seorang biasa yang penuh konflik di dalam kehidupannya, bahkan konflik yang terpelik yang dihadapi sang filsuf adalah pada akhir kehidupannya. Agaknya film ini hendak menceritakan kepada kita bahwa tidak ada ada seorang yang sempurna yang memenuhi suatu kriteria "icon" kesempurnaan. Seorang filsuf bisa menulis dan mengajar apa itu kebenaran, bisa menasehati tentang hal-hal yang benar, namun dia bukanlah kebenaran itu sendiri.

Leo Tolstoy tinggal di Yasnaya Polyana. Ia tinggal bersama komunitas Tolstoyan (para pengikut ajaran filsuf Tolstoy) yang memandangnya sebagai "nabi." Namun demikian seringkali Leo Tolstoy sendiri mengaku bahwa dia bukanlah seorang Tolstoyan yang baik. Kepala dari gerakan Tolstoyan yang dikisahkan ini adalah Vladimir Chertkov (Paul Giamatti). Chertkov tidak memiliki hubungan baik dengan Countess Sophia Andreyevna Tolstaya atau Sofya Tolstaya (Helen Mirren), istri Leo Tolstoy. Sofya dan Leo Tolstoy saling mencintai, tetapi dalam kehidupan mereka banyak sekali konflik terutama ketidak-setujuan Sofya kepada pemahaman/ pemikiran-pemikiran fiosofis Tolstoy yang bersifat religius semakin menggebu-gebu, radikal, dan tidak lagi memikirkan harta duniawi. Sofya tidak menyukai karya-karya tulisan terakhir Tolstoy. Di lain pihak, seorang pengikutnya yang juga seorang Tolstoyan sejati, Chertkov ini mendukung sepenuhnya gagasan-gagasan Tolstoy dan selalu mendorong keinginan Tolstoy untuk mewariskan segala harta yang dimilikinya dan semua tulisan-tulisannya untuk rakyat Rusia, bukan kepada keluarganya sendiri. Sofya menentang keputusan pengalihan hak waris ini, dan memandang bahwa sikap ini adalah suatu ketidak-adilah yang dilakukan suaminya terhadap dirinya dan keluarganya. Sofya memandang Chertkov adalah sosok yang sangat berpengaruh dalam keputusan ini, dan menempatkan Chertkov sebagai musuh yang tinggal di dalam keluarganya.

Chertkov mempunyai anak didik yang ia rekomendasikan kepada Tolstoy untuk menjadi sekretaris pribadinya, dia adalah Valentin Bulgakov (James McAvoy). Kehadiran Valentin cukup disukai baik oleh Tolstoy maupun Sofya. Sementara Sofya dan Chertkov tiada henti beradu akal untuk memenangkan perhatian Tolstoy. Dan Valentin lebih memilih untuk menjadi penengah bagi pihak-pihak yang berseteru, dia tidak menempatkan dirinya untuk ada di dalam satu pihak tertentu.

Di film ini dikisahkan ada dua orang Tolstoyan sejati, yang pertama adalah Chertkov yang kedua adalah Sasha Tolstoy (Anne-Marie Duff), anak perempuan Tolstoy. Chertkov dengan dibantu Sasha berusaha untuk senantiasa menampilkan sosok Tolstoy sebagai panutan utama/ sebagai icon sempurna bagi Tolstoyan. Icon ini harus tetap ditegakkan, mereka bahkan secara terang-terangan berseteru dengan Sofya yang tidak dapat memahami idealisme Tolstoyan. Chertkov dan Sasha berusaha menghalangi dan bahkan memisahkan hubungan antara Tolstoy dan istrinya itu, dengan harapan agar Sofya tidak akan mempengaruhi keputusan-keputusan Tolstoy. Chertkov dan Sasha merencanakan sebuah perjalanan untuk Tolstoy semacam perjalanan meninggalkan hal-hal yang duniawi (termasuk Sofya) untuk mendapatkan ketenangan hakiki di akhir hidup sang filsuf. Mereka berbuat demikian untuk makin mengikrarkan nama Leo Tolstoy sebagai icon sempurna dari kaum Tolstoyan. Namun demikian, film ini tidak menampilkan sebuah perbedaan hitam dan putih, dan tidak menghakimi pihak manakah yang lebih benar, apakah sikap emosional manusiawi Sofya yang lebih benar ataukah idealisme luhur Tolstoyan yang dianut Sasha yang lebih benar. Tolstoy sendiri tidak digambarkan begitu teguh dalam pendiriannya, pada akhir masa kehidupannya ini, dia lebih sering ditempatkan pada keadaan-keadaan yang ambigu dimana dia sendiri tidak yakin dalam keputusan yang diambilnya karena hal itu seringkali membuahkan pertikaian di dalam rumah-tangganya.

Film ini juga diceritakan konflik-konflik yang lain, misalnya suatu paradoks dimana Tolstoy sendiri adalah orang yang sudah terikat dengan pesan-pesan moral yang ditulisnya, namun ternyata dia pun masih mengingat ’'kenakalannya' di kala ia masih muda dulu tentang pengalamannya bermain cinta. Terhadap hal tersebut, Valentin bertanya kepada Tolstoy apakah dia merasa bersalah? Tolstoy tidak menjawab, dia hanya tertawa mendengarnya, dan kemudian Tolstoy bertanya balik, kenapa harus merasa bersalah? Diceritakan pula Tolstoy tidak suka mendengar rekaman ceramah/pidato-nya sendiri, malahan dia lebih memilih mendengar Mozart dan berdansa dengan istrinya. Valentin dalam kehidupannya yang baru bersama Tolstoyan di Yasnaya Polyana, pun tak mampu menjadi Tolstoyan sejati. Dia bertemu dengan Masha (Kerry Condon), dan ia jatuh cinta, dan melakukan hubungan sex di luar pernikahan yang jelas melanggar paham-paham yang dipercayai oleh Tolstoyan. Ada contoh tindakan yang radikal dari Tolstoyan misalnya, saking cintanya akan kedamaian mereka tidak mau menyakiti makhluk hidup termasuk membunuh seekor nyamuk. Namun ada suatu ketika Tolstoy sendiri dengan terang-terangan menepuk nyamuk yang hinggap di pipi Valentin. Dan, Tolstoy melakukan ini di depan Chertkov yang memandang tindakannya gurunya yang telah membunuh makhluk hidup tersebut sangat tidak "Tolstoyan". Inilah "paradoks," sementara Tolstoy sendiri sering mengaku bahwa dia sendiri bukan seorang Tolstoyan yang baik, namun di lain pihak kita ditunjukkan sosok Chertkov yang justru menampakkan bahwa dia adalah seorang Tolstoyan yang ortodok.

Film ini bukannya mengkritisi sifat dan moral Tolstoy, namun menampilkan sisi manusiawi dari seorang yang punya nama besar. Bahwa betapapun hebatnya pemikiran seseorang, betapapun mulianya karya seseorang tentang filosofi moral/ ajaran, dia pun tetap manusia biasa yang juga mengalami berbagai ujian-ujian hidup. Ada satu yang penting kita ketahui mengenai ajaran kebenaran moral. Bahwa moral seseorang sebenarnya tidak mempengaruhi ajaran orang itu. Akan tetapi kalau seorang ingin mengajarkan kebenaran moral, bagaimana watak orang itu akan amat penting. Seorang yang suka berzinah bisa saja mengajarkan hal pentingnya kesucian. Seorang yang suka mencuri barang orang lain, bisa saja mengajarkan soal nilai kedermawanan. Seorang yang bernafsu untuk menguasai bisa saja mengajarkan tentang keindahan kerendahan hati. Seorang pemarah bisa saja mengajarkan tentang keindahan penguasaan diri. Seorang yang mendendam bisa saja mengajarkan tentang keindahan kasih.

Tolstoy adalah contoh dari seorang filsuf yang diuji dengan standard moral yang diajarkannya sendiri. Seorang filsuf dapat mengajar dan menjabarkan apa itu kebenaran, namun dia bukanlah kebenaran itu sendiri. Kebenaran-kebenaran moral tidak bisa disampaikan hanya dengan kata-kata, tapi harus dengan contoh. Justru itulah yang tidak dapat dilakukan oleh guru manusia sebagaimana seorang Tolstoy. Maka, tidak ada filsuf di dunia ini yang walaupun dapat mengajarkan apa itu kebenaran berani mengatakan bahwa dialah kebenaran itu. Tidak ada guru pernah menghayati dan mendarah-dagingi kebenaran sepenuhnya apa yang ia ajarkan. Banyak orang dapat mengatakan, "Aku telah mengajarkan kebenaran kepadamu," tetapi tidak ada yang dapat berkata, "Akulah Kebenaran."
Kata 'kebenaran' di Alkitab berasal dari kata Yunani αληθεια - alêtheia, di dalam bahasa Yunani terdapat kata lain yang juga bermakna kebenaran, yaitu δικαιοσυνη - dikaiosunê. Namun alêtheia lebih mempunyai makna yang khusus dan secara substansinya lebih dalam. Kata alêtheia adalah kebenaran secara budi. Alêtheia juga merupakan istilah dalam bahasa hukum yang bermakna 'duduk perkara yang nyata' yang masih harus dibuktikan dengan kenyataan dan pernyataan-pernyataan yang dipakai oleh para pihak dalam sebuah pengadilan. Dalam ilmu tentang sejarah, kata alêtheia bermakna 'duduk perkara yang nyata yang dikontraskan dengan dongeng.' Dalam ilmu filsafat alêtheia bermakna, hal yang sungguh-sungguh nyata, dalam arti yang mutlak. Dan, Yesus Kristus, satu-satunya pengajar kebenaran yang berani berkata bahwa "Akulah Kebenaran, .... Akulah Alêtheia" (Yohanes 14:6), itu karena Yesus Kristus satu-satunya pribadi yang memiliki kesempurnaan moral dan yang mendapatkan realisasinya dalam Dia.

THE LAST STATION adalah sebuah kisah manusiawi, dan dari kisah ini kita dapat memetik sebuah pemahaman/ pengertian. Bahwa ada banyak figur-figur di dunia ini yang oleh pengajaran dan karismanya mempengaruhi seseorang, bahkan membuahkan suatu kegerakan besar sebagaimana pernah dilakukan Mahatma Gandhi dan Martin Luther King Jr.. Pemikiran-pemikiran Leo Tolstoy begitu mulia, pengajarannya begitu luhur, namun pemikiran-pemikiran sang guru Leo Tolstoy tersebut seharusnya tidak dipandang secara fanatik, sebagaimana dilakukan oleh Chertkov dan Sasha dan para Tolstolyan . Karena bagaimanapun sang guru Leo Tolstoy secara pribadi, diapun diuji oleh pengajarannya sendiri, dan diapun digoda dan tergoda untuk melanggar pengajaran-pengajarannya sendiri.

Christopher Plummer dan Helen Mirren menampilkan akting yang superb sebagai suami istri yang sungguh saling mencintai dan sekaligus saling berseteru. Demikian juga Paul Giamatti dan James McAvoy, mereka adalah pilihan yang tepat memerankan perannya masing-masing. Bravo!

Tidak ada komentar:

SURAT PILATUS KEPADA KAISAR TIBERIUS

Ternyata selama masa pemerintahannya sebagai Gubernur Yudea, Pontius Pilatus pernah menulis sebuah surat kepada Kaisar Tiberius di Roma melaporkan mengenai aktivitas dari pelayanan Yesus. Surat ini ditulisnya pada tahun 32 AD. Berikut adalah isi suratnya : Kepada Yang Mulia Kaisar Tiberius ... Seorang anak muda telah muncul di Galilea dan atas nama Elohim yang mengutusnya, Dia telah berkhotbah dalam sebuah hukum yang baru, dengan perilaku yang rendah hati. Pada mulanya saya mengira tujuan-Nya adalah untuk menimbulkan gerakan revolusi rakyat untuk melawan pemerintahan Roma. Dugaan saya keliru, Yesus Orang Nazaret itu ternyata bergaul lebih akrab dengan orang Romawi daripada dengan orang Yahudi. Suatu hari saya memperhatikan, ada seorang anak muda di antara sekelompok orang, sedang bersandar pada sebatang pohon dan berbicara dengan tenang kepada kumpulan orang banyak yang mengelilingi-Nya. Orang-orang mengatakan kepada saya bahwa itulah Yesus. Terdapat perbedaan yang jelas antara Dia dan orang-orang yang mengelilingi-Nya. Dari rambut dan janggutnya yang pirang, Ia kelihatan seperti "Tuhan" (Lord). Ia berumur sekitar 30 tahun, dan saya belum pernah melihat orang dengan wajah sedemikian simpatik dan menyenangkan seperti Dia. Apa yang membuat Ia kelihatan begitu berbeda dengan orang-orang yang sedang mendengarkan-Nya adalah pada wajah-Nya yang ceria. Karena saya tidak ingin mengganggu-Nya, saya meneruskan perjalanan saya, tetapi saya menyuruh sekretaris saya untuk bergabung dengan mereka dan turut mendengarkan pengajaran-Nya. Kemudian sekretaris saya melaporkan bahwa belum pernah ia membaca karya-karya ahli filsafat manapun yang dapat disejajarkan dengan ajaran Orang itu, dan bahwa Orang itu (Yesus) sama sekali tidak membawa orang ke jalan yang sesat, dan tidak pula menjadi penghasut. Oleh karena itulah kami memutuskan untuk membiarkan-Nya. Ia bebas untuk melakukan kegiatan-Nya berbicara dan mengumpulkan orang. Kebebasan yang tidak terbatas ini menggusarkan orang-orang Yahudi dan menimbulkan kemarahan mereka. Ia tidak menyusahkan orang miskin, tetapi merangsang kemarahan orang-orang kaya dan para tokoh masyarakat. Kemudian saya menulis surat kepada Yesus, meminta Ia untuk diwawancarai dalam suatu pertemuan. Ia datang. Pada saat Orang Nazaret itu tiba, saya sedang melakukan jalan pagi. Dan ketika saya memperhatikan-Nya, saya begitu tertegun. Kedua kaki saya serasa dibelenggu oleh rantai besi yang terikat pada lantai batu pualam. Seluruh tubuh saya gemetar bagaikan seorang yang bersalah berat. Namun Ia tenang saja. Tanpa beranjak, saya begitu terpukau dengan orang yang luarbiasa ini beberapa saat. Tidak ada yang tidak menyenangkan pada penampilan atau perilaku-Nya. Selama kehadiran-Nya saya menaruh hormat dan respek yang mendalam pada diri-Nya. Saya katakan kepada-Nya bahwa pada diri dan kepribadian-Nya terdapat sesuatu yang memancar dan menunjukkan kesederhanaan yang memukau, yang menempatkan Ia di atas para ahli filsafat dan cendekiawan masa kini. Ia meninggalkan kesan yang mendalam pada kami semua karena sikap-Nya yang simpatik, sederhana, rendah hati, dan penuh kasih. Saya telah meluangkan banyak waktu untuk mengamati aktivitas pelayanan menyangkut Yesus dari Nazaret ini. Pendapat saya adalah : Seseorang yang mampu mengubah air menjadi anggur, menyembuhkan orang sakit, menghidupkan orang mati, dan menenangkan gelombang laut, tidak bersalah sebagai pelaku perbuatan kriminal sebagaimana dituduhkan oleh orang banyak. Kami harus mengakui bahwa sesungguhnya Ia adalah Putra Elohim. Pelayan anda yang setia, Pontius Pilatus. Surat di atas tersimpan di Perpustakaan Kepausan di Vatikan, dan salinannya mungkin dapat diperoleh di Perpustakaan Kongres Amerika. Dari surat di atas, tahulah kita mengapa Pilatus "tidak berani" menjatuhkan vonis hukuman mati atas Yesus (Matius 27:24, Yohanes 18 : 31-40 dan 19 : 4,6 - 16)

PEREMPUAN ITU KU PANGGIL MAMA

Perempuan itu ku panggil Mama Yang setiap malam selalu terjaga saat hati sibuah hatinya sedang gelisah... Perempuan itu ku panggil Mama Yang selalu sibuk di subuh hari untuk menyiapkan sarapan dan keperluan sibuah hatinya... Perempuan itu ku panggil Mama Yang selalu mengajariku untuk menjadi bijaksana,... Yang selalu mengajariku untuk selalu dekat dengan Sang Khalik... Perempuan itu ku panggil Mama Yang selalu turut merasakan kesusahanku,.. Yang selalu barusaha memenuhi kebutuhanku... Perempuan itu ku panggil Mama Yang selalu mengkhawatirkan keadaanku saat ku jauh,.. Yang selalu menanyaiku dengan penuh kasih saat ku murung... Perempuan itu ku panggil Mama Yang saat penyakit itu bersarang ditubuhnya dan kubisikan: mama izinkan aku untuk merawatmu dan menjagaimu... Perempuan itu ku panggil Mama Yang yang terbaring lamah di pembaringan... Perempuan itu ku panggil Mama Yang dengan lemah berusaha duduk di pembaringan dan mengatakan pesan terakhirnya kepadaku: "RIS MARI BERBAGI DENGAN MAMA DALAM HIDUPMU"... Perempuan itu ku panggil Mama Yang di saat-saat terakhir hidupnya masih memintaku untuk bernyanyi memuju Sang Khalik serta bertelut dan berdoa untuknya... Perempuan itu ku panggil Mama Yang malam itu tarikan napasnya semakin berat.... Perempuan itu ku panggil mama Yang saat itu kubertelut di kakinya sambil memanjatkan doa: TUHAN KUMOHON KEBESARAN KASIHMU DAN MUJIZATMU UNTUK KESEMBUHAN DAN MEMBERI PANJANG UMUR BAGI MAMAKU TERCINTA... Perempuan itu ku panggil Mama Yang disaat-saat terakhir hidupnya ku bersujud di kakinya sambil menangis dan memeohon ampun atas semua dosa dan kesalahan yang pernah kubuat selama hidupku bersamanya... Perempuan itu ku panggil Mama Yang mengatakan kepadaku: RIS MAMA CAPEK DAN MAMA INGIN ISTIRAHAT... Perempuan itu ku panggil Mama Yang kubisikan: MAMA, KALAU MAMA CAPEK BERISTIRAHATLAH MAMA......... Perempuan itu ku panggil Mama Yang saat detik - detik terakhir tarikan napasnya, aku masih tetap besujud di kakinya sambil meneteskan air mataku ke kakinya sambil berkata: MAMAKU, TOLONG RASAKAN BETAPA AKU SANGAT MENYAYANGI MAMA LEWAT HANGATNYA AIR MATAKU YANG MENETES DI KAKI MAMA INI... Perempuan itu ku panggil Mama Yang kasih sayangku kepadanya dikalahkan oleh kasih sayang Sang khalik kepada mamaku, sehingga saat itu juga mamaku menghembuskan napasnya yang terakhir untuk pergi menghadap Sang Khalik, untuk pergi meninggalkan kami selamanya dan untuk mengakhiri segala penderitaan hidupnya di dunia ini... Perempuan itu ku panggil Mama yang disaat tubuhnya terbujur kaku dan dingin, kucium mamaku sambil berbisik: MAMAKU TERSAYANG, KASIH SAYANG MAMA KEPADAKU AKAN TETAP MENJADI BINTANG DI DALAM HATIKU YANG AKAN TETAP BERSINAR DAN SINAR KASIH SAYANG ITU AKAN TETAP KUPANCARKAN KEPADA SEMUA ADIK - ADIKU, SAUDARA - SAUDARAKU, DAN SEMUA ORANG YANG BERADA DI SEKITARKU AGAR MEREKA TAHU BAHWA MAMAKU ADALAH FIGUR YANG TERBAIK DAN YANG TELAH MENDIDIKKU MENJADI MANUSIA YANG BIJAKSANA... Perempuan itu ku panggil Mama yang selalu menyebut namaku di dalam setiap doanya Perempuan itu kupanggil Mama Yang kini menetap disurga bersama Sang Khalik yang mengasihinya... TERIMA KASIH MAMAKU TERCINTA, ATAS SEMUA KEHIDUPAN YANG INDAH, YANG TELAH KAU HADIRKAN SELAMA ENGKAU BERSAMAKU DI DUNIA INI........ LIWAT HEMBUSAN NAPASKU SERTA DOAKU, KU TITIPKAN CIUM YANG PALING MANIS UNTUK MAMA DI SURGA SANA....... (Untuk mengenang mamaku yang meninggal tanggal 5 Mei 2009 di Ambon) Anakmu Richard Sahetapy yang Kau panggil RIS

SENG ADA MAMA LAI

SU SENG ADA MAMA LAI PAR BIKING COLO - COLO SU SENG ADA MAMA LAI PAR TUANG PAPEDA DI SEMPE SU SENG ADA MAMA LAI PAR ATOR MAKAN DI MEJA MAKAN SU SENG ADA MAMA LAI PAR CUCI BETA PUNG PAKIAN SU SENG ADA MAMA LAI PAR DENGAR BETA PUNG SUSAH SU SENG ADA MAMA LAI PAR JAGA BETA WAKTU SAKIT MAMAE.... PAR APA LAI BETA PULANG KA RUMAH TUA KALO MAMA SU SENG ADA PAR LIA BETA PAR APALAI BETA DUDU DI MEJA MAKAN KALO MAMA PUNG TAMPA GARAM SU SENG ADA PAR SAPA LAI BETA MAU MANYANYI KALO MAMA SU SENG ADA PAR DENGAR... SIOOO MAMA E.... MAMA SU JAUH DARI BETA DENG BASUDARA MAMA SU TENANG DI TETEMANIS PUNG PANGKO TAPI MAMA PUNG PASANG DENG MAMA PUNG DOA TETAP JADI BINTANG YANG BERSINAR DI BETA PUNG HATI SELAMA HIDOP DI DUNIA. JUST FOR MY LOVE MAMA

Glitter Text
Make your own Glitter Graphics

Yesus Manis